Desain Penataan Ruang Tamu

7 views
banner 300x280

Tips menata ruang tamu minimalis modern – Apakah Anda pernah merasa bahwa ruang tamu rumah Anda entah bagaimana terasa ada yang kurang, tetapi Anda tidak sanggup mencari penyebabnya? Ruang tamu sanggup dibilang ruang yang paling banyak dipakai di rumah, dan membutuhkan tata letak yang baik yang mendukung seluruh acara keluarga. Penataan ruang tamu baik dari segi desain, furniture dan penempatan yakni kunci untuk kenyamanan dan fungsi dari sebuah ruangan. Penataan ruang tamu ini sangat penting terutama untuk ruang tamu minimalis yang cenderung kecil, sempit dan sederhana.

Pengaturan dan penataan ruang kecil sanggup menjadi suatu tantangan tersendiri, tetapi sebagai faktanya bahwa ruang tamu kecil akan lebih gampang diatur daripada ruangan besar, apalagi bila berafiliasi dengan biaya dan tenaga.

Aturan utama menata ruang tamu kecil tidak berbeda jauh dari ruangan besar: Pilih furnitur yang cocok dengan ruang, dan jangan mencoba untuk terlalu memaksakan sesuatu yang tidak sesuai.
 

Desain Penataan Ruang Tamu

Praktis diucapkan daripada dilakukan, mungkin ini yang ada dalam benak Anda. Tapi ada tips dan ide-ide cemerlang untuk menciptakan layout ruang tamu kecil sanggup terasa lebih nyaman dan menarik. Tidak hanya itu, kita juga sanggup menciptakan penampilannya semakin cantik.

Hal paling utama yang perlu dipertimbangkan yakni pastikan Anda merasa leluasa ketika pertama kali masuk ke ruang tamu dengan cara tetap memperlihatkan ruang di sekitar area kemudian lintas. Anda sanggup menempatkan pintu masuk menghadap area strategis, contohnya area sofa, sehingga kita sanggup lebih nyaman dan menciptakan ruangan semakin ramah.

Desain Penataan Ruang Tamu

Anda harus menyediakan jarak sekitar 1 meter di sekitar ruangan. Inilah jarak minimal yang Anda butuhkan untuk mendapat kenyamanan, tanpa terbentur furnitur dan menabrak dinding. Semua jenis furnitur yang mempunyai pintu atau laci juga membutuhkan jarak 1 meter biar sanggup terbuka dengan maksimal.

Usahakan untuk tidak menempatkan semua perabotan melekat dinding. Tarik sofa atau kawasan duduk lainnya setidaknya 5 cm dari dinding. Trik ini akan menciptakan ruang tampak lebih nyaman dan tidak monoton, serta untuk menghindari susana ruang tamu yang membosankan alasannya yakni hanya ada sebuah ruang kosong di tengah-tengah.
Baca juga: Desain Keramik Dinding Ruang Tamu
 

Desain Penataan Ruang Tamu

Jika Anda memasang karpet, baik sebagian atau seluruh ruangan, posisikan kawasan duduk dengan tepat sehingga kaki berada di atas karpet atau benar-benar di luar karpet. Cobalah untuk tidak memposisikan karpet yang menciptakan tepi atau sudut karpet berada di jalan biar tidak mengganggu orang akan berjalan di sekitar.

Kondisi lampu dan pencahayaan juga tidak kalah penting, sanggup dikatakan pencahayaan yakni salah satu elemen paling penting dalam ruang. Jika Anda mempunyai lampu meja, pastikan bahwa cahaya yang dihasilkan tidak begitu besar sehingga tidak berisiko menyilaukan mata. Selain itu, pecahan penting lainnya yakni setiap kabel listrik dan ekstensi harus ditempatkan dengan tepat sehingga tidak ada orang yang akan tersandung ketika berjalan. Sumber cahaya utama harus sanggup menyebar di sekitar ruang, dan pastikan setiap sudut mendapat perhatian yang sama.

Desain Penataan Ruang Tamu

Anda ingin mengekspos sebagian besar lantai, sanggup memanfaatkan karpet area ibarat dijelaskan di atas. Karpet ibarat ini sanggup dipakai untuk menggolongkan area tertentu tanpa pemisah ruangan. Hal ini sangat memudahkan kita untuk mentara ruang tamu dengan baik. Hanya saja ada hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu karpet yang terlalu kecil akan menciptakan ruangan kecil tampak lebih kecil dan ruang besar terlihat terputus.

Dekorasi lain yang sanggup kita gunakan yakni gordern. Ada yang menyampaikan semakin tinggi gorden semakin baik, tapi tentu saja hal ini tergantung pada ketinggian ruangan. Dalam kebanyakan situasi, menggantung tirai dari langit-langit sampai ke lantai sanggup menciptakan langit-langit tampak jauh lebih tinggi dan memperluas ruangan. Jika Anda menentukan tirai atau gorden yang terlalu kecil, terlalu pendek atau digantung terlalu rendah akan menciptakan ruangan tidak seimbang.

Desain Penataan Ruang Tamu

Kita juga sanggup memasang hiasan dinding ibarat lukisan atau foto untuk mendukung penataan ruang tamu kita. Banyak orang mempunyai kecenderungan menggantung pigura terlalu tinggi. Saat memasang hiasan dinding di atas furnitur, tempatkan antara 60-90 cm di atas furnitur tersebut, meskipun hukum inibervariasi tergantung pada ketinggian dari hiasan dinding itu sendiri. Sebelum Anda menciptakan lubang di dinding, coba trik ini: Gunakan sample kertas yang disediakan ketika membeli pigura atau Anda sanggup buat sendiri untuk mengetahui penempatan terbaik. Letakkan di dinding dan pindah di sekitar untuk mendapat posisi yang paling tepat. Gunakan cara yang sama ketika Anda ingin memasang cermin hias, yaitu dengan menempatkkan berlawanan dengan sesuatu yang ingin didramatisir ibarat wallpaper yang indah atau jendela untuk memantulkan lebih banyak cahaya. Dengan teknik yang sama, Anda sanggup menempatkan obyek lain ibarat televisi.
Baca juga: Hiasan Dinding Ruang Tamu Modern
 

Desain Penataan Ruang Tamu

Menata ruang tamu tidak harus monoton, ada banyak cara untuk melakukannya, tapi itu tidak berarti Anda tidak akan menciptakan kesalahan. Dekorasi dan penataan ruang yakni seni, membutuhkan perhitungan yang cermat antara fungsi dan penampilan. Banyak orang mungkin setuju cara terbaik untuk menata ruang tamu yang tepat yakni dengan trial and error dan mengeksplorasi aneka macam desain.

Desain Penataan Ruang Tamu

Tags: #dekorasi #desain #desain minimalis #koleksi rumah #koleksi rumah minimalis #ruang tamu #rumah #rumah minimalis

banner 300x280