Mengenal Desain Arsitektur Rumah Adat Toraja

Indonesia merupakan negara yang kaya akan adat istiadat baik dari pakaian adat hingga rumah adat. Salah satu rumah adat yang memiliki keunikan tersendiri dari segi bentuk dan desain arsiterkurnya adalah Rumah Adat Toraja. Rumah adat ini merupakan sebuah rumah tradisional yang memiliki karakteristik dengan rumah pada umumnya, karena rumah adat ini merupakan sebuah simbol kebudayaan daerah tersebut.

Salah satu yang menjadi alasan mengapa konsep rumah adat toraja dibuat begitu unik salah satunya karena kondisi daerah tersebut yang terkenal dingin sehingga untuk mendesain arsitektur rumah didasarkan pada ukuran pintu dan jensela yang relatif kecil. Dengan berbahan dasarkan kayu pada dinding dan lantai akan menghangatkan suasana rumah dari udara sekitar. Demikian juga pada atap dibuat tebal yang terbuat dari bahan bambu tentu akan menambah ke etnikan dari rumah adat tersebut.rumah adat toraja2

Membangun Rumah Dipandu Filosofi Kehidupan

Rumah adat Tanah Toraja dibandung berdasarkan panduan filosofi kehidupan yang disebut “ Aluk A’pa Oto’na” dimana filosofi tersebut memiliki empat makna kehidupan yaitu Kemuliaan tuhan, Budaya Adat, Kehidupan Manusia dan Sifat Kehidupan Leluhur. Keempat filosofi inilah yang menjadi pondasi untuk membuat sebuah rumah tradisional persegi panjang yang hanya dibatasi oleh dinding sebagai pemisah yang sekaligus menjadi lambang kekuasaan.

rumah adat toraja2Ruang Tertutup Dalam Desain Rumah Tradisional Toraja

Masyarakat Tana Toraja percaya akan kekuatan yang disebut Egocentrum dimana kekuatan tersebut tercermin dari konsep desain arsitektur rumah yang mendominasi ruang pribadi tertutup. Untuk tata letak kostum rumah tradisional ini selalu berorientasi pada arah utara dan selatan. Hampir seluruh rumah adat tersebut menghadap kedua arah itu yang diyakini sebagai arah roh sementara untuk arah barat dan timur melambangkan kehidupan dan pemeliharaan.

rumah adat toraja3Demikian sedikit pengenalan tentang desain arsitektur rumah adat toraja. Semoga informasi ini dapat menjadi sumber pengetahuan bagi kita semua. Sebagai hasil kesimpulan jika diterjemahkan kedalam bahasa arsitektur, keseimbangan dapat ditetapkan dalam bentuk bangunan simetris yaitu dengan mengusung tiga prinsip dasar arsitektur rumah adat tana toraja.

Cantik Desain Rumah Rumah Adat

Related Post

Leave a reply