Cara Menghitung Biaya Permeter Rumah

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membangun rumah. Desain rumah, lokasi, dan yang paling utama ada biaya rumah. Menghitung biaya murah sedapat mungkin harus detil. Kesalahan menghitung biaya rumah bisa berakibat ketidaksesuaian dana yang dipersiapkan dengan rancangan rumah yang sudah disiapkan.

Detil estimasi biaya rumah cukup beragam. ada permeter, ada per ruangan, ada pula perlantai. Tergantung yang mana yang paling tepat untuk Anda. Untuk pemilik rumah minimalis, menghitung biaya rumah umumnya menggunakan hitungan permeter. Hitungan biaya permeter rumah, selain lebih mudah, risiko kesalahan hitung yang mengakibatkan membengkaknya pengeluaran, juga mimim.

(baca juga: cara bank menghitung harga rumah)

Untuk itu, kita harus tahu cara menghitung biaya permeter rumah. Biaya permeter rumah, adalah keseluruhan biaya bangunan rumah dari awal sampai selesai dengan cakupan meter. Olehnya itu, perlu dihitung segala hal terkait. Hal terkait yang dimaksud adalah;

Pertama lokasi rumah. Harga lokasi rumah permeter akan dipengaruhi di mana lokasi itu berada, kondisi, dan keadaan sekitar. Misalnya tanah di perkotaan akan berbeda dengan tanah di pedesaan. Atau tanah di pedesaan yang tapi berada di samping pasar, akan berbeda dengan jika lokasinya di persawahan.

Harga lokasi rumah yang tidak terlalu menelan budget terlalu besar adalah tanah kavling. Pilihlah tanah kavling yang dihuni oleh banyak kepala keluarga. Jangan sama sekali memilih lokasi rumah yang jauh dari peradaban.

Kedua, hal lain yang terkait dengan biaya rumah adalah bahan bangunan yang dipakai. Pemilihan bahan bangunan juga sangat penting karena menyangkut biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Mahal tak berarti bagus dan cocok dengan Anda. Jika ragu, minta tukang atau orang ahli untuk memilihkan bahan bangunan, karena terkait dengan lokasi rumah dan estimasi biaya rumah nantinya.

(baca: mendesain rumah minimalis terlihat menarik)

Ketiga, ongkos jasa tukang. Ini juga sangat penting. Di beberapa daerah jasa tukang berbanding dengan harga bahan bangunan yang dipakai. Jadi jika harga bahan bangunan permeter adalah 3 juta, maka biaya tukang juga demikian. Biaya tukang juga sangat dipengaruhi oleh lokasi rumah karena terkait kemudahan dan kesulitan pengerjaan.

Bagaimana cara menghitung biaya membangun rumah permeter persegi?

biaya rumahSekarang kita asumsikan Anda akan menghitung harga rumah permeter, dengan model bangunan 1 lantai. Dengan luas tanah 8 x 15, dan luas bangunan rumah 8 x 10 meter persegi. Harga tanah lokasi bangunan Rp. 500.000/ meter 500.000 x 140 = Rp 70.000.000

Luas bangunan 8 x 10 dengan harga bahan bangunan permeter (anggaplah) Rp 2.000.000 dan kita asumsikan harga jasa tukang sama dengan harga bahan. Berarti harga bahan dan jasa tukang Rp 4.000.000/ m2. 4.000.000 x 80m2 = 320.000.000 + 70.000.000 = Rp 390.000.000

Dari perhitungan anggaran rumah tadi dapat kita perkirakan bahwa untuk membangun rumah dengan ukuran lokasi 8 x 15 dengan luas bangunan 8 x 10, membutuhkan biaya sekitar Rp.390.000.000,00. Mahal tidak?

Untuk ukuran bangunan yang dipakai itu berdasarkan harga lokasi, bahan bangunan, dan jasa tukang di berbagai kabupaten kota di Indonesia. Harga dapat disesuaikan dengan luas bangunan dan harga permeter persegi bangunan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan daerah dimana lokasi pembangunan dilakukan.

Anggaran Rumah Biaya

Related Post

Leave a reply